Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sambal Terasi Pedas Nikmat Menggugah Selera

Resep Sambal Terasi Pedas Nikmat Menggugah Selera. Sambal merupakan salah satu yang menjadi teman makan yang enak. Siapa yang tidak suka sambal, Bisa dipastikan hampir semua orang Indonesia menyukai masakan yang rasanya pedas. Bahkan banyak di antaranya yang tidak bisa lepas dari yang namanya cabai. Entah sejak kapan kebiasaan tersebut dimulai, kemungkinan terbesar dari nenek moyang yang sudah sejak dulu mempunyai resep sambal yang enak diantaranya ialah resep sambal terasi. memang hingga saat ini kita tak bisa lepas dari salah satu pelengkap makanan yang pedas tersebut. Bahkan beberapa di antaranya ada yang memiliki kebiasaan unik yakni tidak bisa makan apabila tidak diiringi dengan sambal yang pedas.

Memang banyak varian sambal di Indonesia, hal itu untuk memuaskan salah satu hasrat selera kuliner orang Indonesia yang tak bisa lepas dari sambal. Salah satu sambal yang paling dikenal adalah sambal terasi. Bahkan resep sambal terasi ini juga masih terbagi menjadi beberapa macam jenis sambal terasi. Bahkan di setiap daerah selalu memiliki racikan sambal terasinya yang berbeda-beda. seperti sambal terasi jawa dan sambal terasi dari daerah lain. Namun pada dasarnya sambal tersebut sama-sama menggunakan bahan dasar terasi. namun hanya cara pengolahannya serta pencampuran bahannya saja yang berbeda, sehingga hal itulah yang membuat rasa beragam.

Resep Sambal Terasi
Resep Sambal Terasi

Resep Sambal Terasi Enak


Bahan yang Disiapkan:
  • 17 buah cabai keriting merah
  • 20 buah cabai rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 buah tomat yang sudah dipotong
  • 2 sendok teh terasi udang yang sudah dibakar
  • ½ sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula merah
  • 1 sendok teh air jeruk limau
  • 3 sendok makan minyak goreng.

Cara Membuat Sambal Terasi

Setelah Anda menyiapkan semua bahan utama di atas tersebut, maka berikutnya adalah langkah untuk membuat sambal terasi yang enak dan pedas dengan cara yang mudah. Ada pun langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Siapkan wajan untuk menumis, lalu tuang minyak goreng dan panaskan.
  2. Setelah minyak goreng dirasa panas, kemudian masukkan dan tumis bawang putih, bawang merah, serta cabai merah, kemudian cabai rawit sampai harum dan setengah layu. Setelah dirasa sudah layu, maka Anda bisa memasukan tomat, lalu angkat.
  3. Siapkan munthu dan cobek, kemudian masukkan bahan-bahan yang telah ditumis layu tadi hingga ke semua bahannya benar-benar setengah halus.
  4. Siapkan terasi yang telah dibakar sebelumnya, masukan ke dalam adonan bumbu yang setengah halus tadi,lalu beri sedikit garam, juga gula merah. Anda bisa menambahkan bahan-bahan tadi sembari mengolah bumbu menjadi halus.
  5. Setelah dirasa halus, lalu masukkan tomat juga tambahan perasan air jeruk limau.
  6. Sambal terasi yang mantab sudah siap untuk Anda hidangkan untuk teman makan keluarga Anda.

Cara-cara di atas merupakan cara paling mudah untuk membuat sambal terasi yang mudah enak dan pedas. Membuat sambal terasi yang enak memang membutuhkan keseimbangan bahan yang digunakan saat membuatnya. Maka dari itu sebelum menyuguhkan sambal ke anggota keluarga, disarankan untuk Anda mencicipi terlebih dahulu olahan sambal yang Anda buat, agar Anda bisa mencicipi apa yang kurang dari olahan sambal tersebut.

Demikian ulasan mengenai resep sambal terasi. Semoga artikel tersebut dapat membantu And dalam membuat sambal trasi yang enak dan nikmat. Sekian terimaksih dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Resep Sambal Terasi Pedas Nikmat Menggugah Selera"