Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sop Buntut ala Hotel Borobudur Super Legendaris

Resep Sop Buntut ala Hotel Borobudur - Sop buntut merupakan masakan indonesia yang sudah sangat melegenda di tanah air ini. Di restoran saja, sop buntut dijadikan sebagai sajian dalam menu andalan mereka. Kalo didaerah jawa sop buntut yang terkenal adalah sop buntut hotel borobudur yang mana memiliki cita rasa terkenal super lezatnya sudah melegenda dengan rasa dagingnya yang super empuk serta kuahnya yang super segar racikan mantan koki hotel tersebut.

Cara dalam membuat sop buntut sapi istimewa beraneka jenis namun untuk mendapatkan masakan sup buntut yang lezat, lembut serta empuk yakni dengan cara daging buntut sapinya digoreng terlebih dulu caranya simpel, gampang serta praktis sehabis Anda rebus buntut bersama-sama bumbu sop buntut hingga empuk memakai panci presto tekanan tinggi, lantas Anda panasi wajan penggorengan atau memakai teflon dengan mentega selanjutnya Anda goreng hingga harum. Ada pula langkah pengolahan buntut melalui cara dibakar namanya sop buntut bakar atau panggang.

Baca Juga : Resep Sup Daging Sapi Masakan Sederhana

Resep sop buntut sapi khas hotel borobudur asli (Indonesian Oxtail Soup original) benar-benar rahasia namun ada sedikit bocoran buat Anda cara masaknya kurang lebih seperti itu. Terdapat beberapa aneka kreasi olahan makanan sajian enak buntut sapi serta sop buntut sapi ala cafe atau hotel bintang 5 lima, namun menurut pilihan saya yang paling enak resep sop buntut yang satu ini, sangat spesial serta istimewa, lezat dan bumbunya meresap serta benar-benar terasa di lidah. Sekali coba tentu ketagihan. Kabar gembira saat ini resep ini sudah bisa Anda buat sendiri dirumah.

Resep Membuat Sop ala Buntut Hotel Borobudur


Penasaran ingin mencobanya? anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Borobudur hanya untuk mencicipi sop buntut super legenda tersebut. Alangkah baiknya jika anda mencoba membuatnya sendiri dirumah dengan bantuan Resep Sop Buntut ala Hotel Borobudur Super Legendaris berikut ini:



Bahan Resep Sop Buntut ala Hotel Borobudur

  • 750 g buntut sapi yang dipotong-potong
  • 2 L air bersih
  • 200 g kentang
  • 200 g wortel
  • 2 buah tomat merah segar potong besar-besar
  • 3 batang daun bawang iris tipis
  • 2 batang daun seledri cincang
  • 1 ruas jari jahe

Bumbu halus :
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya

Bumbu buntut goreng :
  • ½ sdt kecap manis
  • ½ sdt pala bubuk
  • ½ sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Resep Sop Buntut ala Hotel Borobudur

  1. Pertama-tama siapkan kompor untuk merebus, lalu rebus  buntut sapi yang sudah dipotong-potong dalam air yang super bersih. Jika sudah mendidih, kecilkan api kompornya.
  2. Selanjutnya masukkan jahe dan tambahkan garam kedalam rebusan buntut sapi, lalu masak hingga buntut menjadi matang dan lunak.
  3. Jika sudah matang dan lunak, angkat dan tiriskan buntut sapi untuk memisahkan dari kuahnya.
  4. Selanjutknya sipakan wajan, lalu panaskan sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu halus hingga terasa harum. Lalu masukkan bumbu kedalam air kaldu, namun jika air kaldu dirasa terlalu kuat, anda bisa menambahkan sedikit air secukupnya.
  5. Setelah itu masukkan wortel dan kentang, masak hingga empuk. kemudian masukkan tomat, daun bawang dan seledri. Masak sebentar lalu matikan apinya.
  6. Sekarang jika anda ingin menggoreng buntutnya, olesi buntut dengan bumbu buntut hingga merata dan diamkan selama 15-30 menit lalu goreng sebentar dalam minyak panas.
  7. Terakhir Sajikan buntut beserta kuahnya secara terpisah.

Hmm,, nyam nyam.. sop buntut sudah bisa disantap bersama keluarga anda. Memang keliatannya dalam proses pembuatan sup buntut ini sedikit ribet dan memakan waktu yang cukup lama. Tapi sepadan dengan cita rasa yang dihasilkan dalam sop buntut ini, super lezat yang melegenda. Nah usai sudah pembahasan kita mengenai Resep Sop Buntut ala Hotel Borobudur Super Legendaris kali ini, semoga resep masakan ini bisa menjadi referensi untuk menemukan ide baru dalam membuat masakan kuliner yang lezat untuk keluarga. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Resep Sop Buntut ala Hotel Borobudur Super Legendaris"