Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Rendang Padang Asli Minang Yang Sangat Khas

Resep Rendang Padang Asli Minang Yang Sangat Khas. Menikmati Makanan Tradisional memang tidak ada duanya akan dengan masakan lainnya sepertihalnya masakan rending yang dimasak dengan resep rendang padang asli minang. Masakan yang berasal dari minang ini selalu menjadi vaforid bagi semua pecinta masakan rending.

Resep masakan yang sudah lama dan sudah turun temurun dari nenek moyang samsekarang ini tetap bisa kita nikmatidari dulu sampai sekarang masakan rending selalu menjadi nomor satu. Mungkin karena rendang yang dibuat sudah menjadi legenda. Bagaimana pun penampilan atau pun penyajian rendang, makanan tersebut tidak akan hilang khas rasanya, selalu enak dan dapat menggoyang lidah dengan nikmat.

Baca juga : Resep Rendang Jengkol Empuk dan Istimewa

Rendang merupakan makanan tradisional asli dari Sumatera Barat. Umumnya berbahan dasar dari daging, sekarang sudah banyak jenis rendang lainnya yang muncul dengan berbagai rasa, seperti halnya rendang belut, rendang lokan, kemudian rendang pakisdan masih banyak lagi lainnya. Dimasak dengan menggunakan campuran santan dan rempah-rempah lainnya, dimasak  dengan api kecil selama berjam-jam. Masakan tersebut Bisa tahan berminggu-minggu tanpa adanya bahan pengawet. Resep Rendang Padang Asli Minang

Cara memasak rendang di pengaruhi oleh kebiasaan masing-masing terutama di daerah Sumatera Barat. Tangan yang sudah terbiasa memasak rendang dengan yang baru belajar memasak rendang  hanya sekali saja, hasilnya tentulah akan berbeda. Meskipun  takaran bumbu yang dipergunakan persis atau sama. Perlu diketahui dalam proses pengapian juga sangat menentukan cita rasa rendang yang di hasilkan. Maka dari itu untuk memasak dengan menggunakan resep rendang padang asli minang yang enak dan nikmat dibutuhkan kesabran yang ekstra untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.

Resep Rendang Padang Asli Minang
Resep Rendang Padang Asli Minang

Bahan dan Cara Memasak Rendang Daging Sapi

Bahan : Daging Sapi 1 Kg, Kelapa agak tua 3 butir (kelapaparut,lalu ambil santannya)
Bumbu : Serai 1 batang, Daun Kunyit 1 lembar, dan Daun jeruk Purut 4 lembar.
Bumbu yang dihaluskan : Bawang merah 50gr, Bawang putih 1 sdm, Cabe merah keriting 200gr, lalu Jahe 2 sdm, Lengkuas 2 ruas jari, dan Pala 1/4 butir, Ketumbar 1 sdt, lalu Bunga lawang 4 keping, dan Cengkeh 2 buah,kemudian Kemiri 2 butir, serta Garam secukupnya.

Cara Memasak Resep Rendang Padang Asli Minang

  1. Daging yang sudah di bersihkan, kemudian di potong sesuai selera.
  2. Bagi dua semua bumbu dan bumbu yang di haluskan. Satu bagian di campur santan dan Satu bagian di campurkan ke daging.
  3. Ungkap daging dengan api kecil, hingga air bawaan dagingnya kering.
  4. Masak santan yang sudah berbumbu dengan api kecil, jaga jangan sampai santan pecah.
  5. Setelah santan matang yang ditandai dengan adanya bintik-bintik minyak dibagian pinggir wajan, masukkan daging yang sudah di ungkap tadi.
  6. Aduk sekali-sekali biar santan dan bumbu tak lengket di wajan.
  7. Masak sampai santan kering menjadi bumbu dan berminyak, meresap ke daging.
  8. Rendang yang sudah berwarna coklat kehitaman siap untuk disantap.
  9. Proses pengapian rendang ini setidaknya memakan waktu 4 jam.
Jadi begitulah Rahasia Rendang yang dimasak di tanah Minang langsung. mengapa cita rasa yang dihasilkan berbeda dengan yang dimasak diluar daerah tersebut. karena perbedaan cita rasa itu akan sangat dirasakan oleh orang Minang asli. Meskipun  juru masak rendangnya sama.

Demikian ulasan mengenai resep rendang padang asli minang. Semoga resep masakan tersebut dapat membtu mempermudah Anda dalam membuat masakan yang nikmat sesuai denga aslinya yakni ditanah minang. Sekian terimaksih dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Resep Rendang Padang Asli Minang Yang Sangat Khas"