Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Ikan Peda Jagung Manis Yang Paling Banyak Di Cari

Resep Ikan Peda Jagung Manis Yang Paling Banyak Di Cari. Ikan peda adalah makanan yang khas dari tanah jawa. Makanan yang berasal dari tanah jawa, entah itu dari Yogjakarta, Semarang, atau Cilacap, Madiun, dan daerah sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan menu masakan yang satu ini yakni resep ikan peda jagung manis. memang kuliner yang satu ini selalu mampir ke meja makan dan sudah siap untuk disantap. Perlu diketahui bawasannya orang yang sering merantau atau pernah merantau ketanah jawa pastinya yang selalu diingat adalah masakan yang satu iniyakni ikan peda.

Baca juga : Resep Pepes Ikan Daun Kemangi

Meskipun rasanya asin namun tidak menjadi masalah bagi penikmatnya. Ikan peda pun juga bisa dimasak dengan macam-macam resep sepertihalnya resep ikan peda jagung manis. Pastinya masakan tersebut akan menjadi lebih nikmat dengan varian rasa yang baru, tapi juga tidak meninggalkan rasa khas dari ikan peda tersebut. Sepertihalnya diolah lagi menjadi  seperti yang satu ini yakni:

Pembuatan Ikan Peda

Ikan peda adalah ikan yang telah mengalami banyak proses sebelum menjadi ikan peda. Ikan yang dijadikan bahan untuk pembuatan ikan peda, yang terdiri dari berbagai macam jenis ikan. Proses pembuatan dasar ikan peda yaitu ikan-ikan yang sudah ditangkap oleh para nelayan dari laut. lalu ikan tersebut  dibersihkan dari sisik ikan yang nemempel pada tubuhnya. kemudian kotoran dalam ikan dikeluarkan juga, lalu ikan tersebut dicuci hingga bersih dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

Baca Juga : Resep Ikan Bakar Gurih dan Manis

Langkah kedua yaitu ikan kemudian diberi garam, kemudian ditunggu sampai beberapa saat biar garamnya meresap ke dalam ikan tersebut. Langkah yang terakhir yaitu ikan yang telah diberi garam itu lalu di keringkan secara alami, yakni  dengan menggunakan bantuan sinar matahari langsung. Itu dadi proses pembuatan ikan peda yang bosa dikatankan cukup rumit.

Resep atau Bahan Tumis Ikan Peda Jagung Manis

Resep Ikan Peda Jagung Manis
Resep Ikan Peda Jagung Manis

 

Bahan:
  • Ikan peda 250 gram
  • Jagung manis 50 gram
  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Cabai keriting 3 buah
  • Cabai hijau 3 buah
  • Cabai rawit 2 buah
  •  hijau 1 buah
  • Lengkuas 1 cm
  • Daun salam 2 lembar
  • Garam secukupnya
  • Jahe secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Pete secukupnya (sebagai taburan)

Caranya Membuat Tumis Ikan Peda Jagung Manis

  1. Rendam ikan peda dalam air hangat selama kurang lebih 15 menit.
  2. Cuci ikan peda sampai bersih menggunakan air yang mengalir, kemudian suwir-suwir daging peda dan hilangkan duri yang menempel pada daging ikan
  3. Goreng ikan peda sampai bewarna keemasan (matang) kemudian angkat dan sisihkan
  4. Tumis bawang merah danbawang putihserta jahe dan lengkuas sampai tercium bau yang harum atau wangi
  5. Masukkan semua cabai,lalu  jagung manis, tomat hijau, dan masukkan pula daun salam
  6. Tuang air sedikit, lalu seasoning dengan garam dan gula secukupnya
  7. Masukkan ikan peda yang sudah dibersihkan tadi, kemudian aduk hingga rata kemudian tunggu sampai semua matang sempurna
  8. Plating dan sajikan kemudian masakan siap disantap.
Demikian ulasan mengenai resep ikan peda jagung manis. Perlu diketahui ternyata ikan peda tersebut mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh kita. Meskipun dimasak dengan bermacam-macam modal masakan namun tidak mengurangi zat atau pun kandungan gizi pada ikan peda. Semoga  informasi tersebut dapat menambah wawasan akan masakan. Kunjungi juga resep masakan lezat lainnya. sekian terimaksih dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Resep Ikan Peda Jagung Manis Yang Paling Banyak Di Cari"