Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sederhana Pepes Ikan dengan Daun Kemangi

Resep Sederhana Pepes Ikan dengan Daun Kemangi - Seperti halnya yang telah kita kenali berbarengan, lokasi negara kita nyaris beberapa besar terbagi dalam lokasi air, baik itu lautan, samudera, sungai serta danau. Karenanya, sebagai warga negara Indonesia, telah sepantasnya kita memakai hasil sumber daya itu dengan sebaik-baiknya, terlebih hasil ikannya. Baik itu ikan air tawar, seperti halnya nila, ikan patin, ikan kembung maupun ikan laut, seperti halnya ikan tongkol, ikan teri serta yang lain, Resep Ikan memiliki kandungan sangat banyak gizi, protein serta kandungan baik lain yang begitu diperlukan badan kita. Kesempatan ini kita bakal coba resep pepes ikan dengan bumbu pepes khas Indonesia. Masakan pepes ikan ini memanglah satu diantara warisan leluhur kita yang telah populer bakal kelezatannya. Namun apakah rekan rekan sudah mengetahui bagaimana caranya bikin pepes ikan yang gampang namun tetaplah hasil jadinya tetaplah lezat serta seenak resep ikan pepes yang datang dari restauran atau pepes ikan recipe tempat tinggal makan yang populer?

Sesungguhnya, resep pepes bukan sekedar dapat di buat dengan memakai bahan ikan saja. Rekan rekan pasti tahu kalau kita dapat juga bikin resep pepes tahu, resep pepes ayam, pepes jamur serta yang lain. Namun pertama kalinya memanglah resep masakan Indonesia ini memanglah di ciptakan untuk Resep Pepes Ikan Tongkol, Pepes Ikan kembung, Pepes Ikan Mas serta type ikan yang lain. Nyaris semuanya type ikan dapat di buat dengan bumbu pepes yang nyaris sama, yakni memakai bawang merah serta bawang putih sebagai bumbu basic ditambah dengan sebagian rempah alami Indonesia, seperti halnya serai, kunyit untuk memberi warna yang menarik, ketumbar, sebagian daun salam serta yang lain. Sudah pasti tak lupa garam, gula serta sebagian buah cabai rawit serta atau cabai merah buat rekan rekan yang hoby masakan pedas.

Meskipun langkah bikin Resep Pepes Ikan cukup simpel serta gampang, bukanlah bermakna hasil pada akhirnya juga rasa-rasanya simpel. Bila permasalahan citarasa, Resep Masakan Pepes dengan bahan ikan ini tak kalah lezat dibanding resep ikan yang lain. Sudah pasti, terkecuali lezat, resep ikan pepes banyak juga memiliki kandungan vitamin, zat besi serta protein hewani yang begitu diperlukan oleh badan kita. Kombinasi bumbu rempah serta bungkusan daun pisang lewat cara dikukus terkecuali memberi cita rasa khas bumbu pepes, bikin bumbu meresap hingga dalam daging ikan, menjaga kandungan gizi agar tak rusak seperti halnya bila waktu ikan digoreng juga bermanfaat sekali untuk kurangi kandungan cholesterol di badan kita.

Sudah pasti ada banyak hal yang rekan rekan mesti cermati agar hasil pada akhirnya kelak prima serta ada beberpa hal yang perlu di perhatikan dalam sistem persiapan serta pemasakannya. Yang paling utama yaitu rekan rekan mesti benar benar bersihkan dengan baik ikan yang bakal dipakai. Terkecuali untuk melindungi citarasa dagingnya, kotoran maupun jeroan ikan yang masihlah melekat di badan ikan waktu sistem pengukusannya dapat juga menimbulakn rasa pahit di resep masakan pepes ikannya. Kemudian irislah serong agak pada badan ikan agar resep bumbu pepes nya meresap hingga ke daging sisi dalam. Lumuri sisi luar badan ikan sesudah sistem pencucian dengan air jeruk nipis untuk menolong menyingkirkan bau amis khas ikannya. Oke, agar lebih jelasnya, silakan lihat langkah membuatnya, bahan serta bumbu resep ikan pepes dibawah ya.



Resep Membuat Pepes Ikan



Bahan Pepes Ikan :
  • 1 ekor ikan mas memiliki ukuran 0, 5 kg (bersihkan)
  • 15 lembar daun kemangi fresh yang sudah dicuci bersih
  • 3 lembar daun salam
  • Tomat hijau irislah dengan ketebalan sedang
  • Daun pisang yang sudah dijemur sebentar dibawah cahaya matahari supaya daunnya sedikit lemas serta gampang dibuat
  • Tusukan gigi untuk penyemat

Bumbu Pepes Ikan yang di Haluskan :
  • 1 ruas jari kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • Penyedap rasa seperlunya

Cara Membuat Pepes Ikan :

  1. Haluskan beberapa bahan yang butuh dihaluskan dengan memakai cobek atau jus, sesudah halus, lumurkan bumbu pada ikan.
  2. Disamping itu, sediakan kukusan dengan mendidihkan air untuk sisi bawahnya ;
  3. Sediakan daun pisang yang sudah bersih serta lemas, berikan beberapa daun kemangi yang sudah siap, potongan tomat hijau, serta daun salam ;
  4. Tempatkan ikan yang sudah dilumuri bumbu halus, lalu tutupi dengan bekas daun kemangi, potongan tomat, serta daun salam, apabila masihlah ada bekas bumbu ; 
  5. Bungkus ikan dengan rapi, berikan 1 sisi dengan tusuk gigi, sesaat masukan bekas bumbu halus dari segi yang lain, lalu tutup dengan tusuk gigi, yakinkan daun tak bocor. Bila perlu Anda dapat mendobel daun pisang yang dipakai untuk membungkus ;
  6. Teliti kukusan, apabila air sudah mendidih, masukan ikan, kukus sampai masak ; 
  7. Sediakan panggangan, bakar ikan yang sudah dikukus masak serta masihlah komplit dengan bungkusan daun pisangnya diatas bara api, sampai aromanya keluar, matikan api. Hidangkan

Umumnya Sistem pembuatan Pepes yakni lewat sistem kukus, serta bukanlah digoreng, hingga bikin kandungan gizi berbahan Pepesnya tak hilang lantaran sistem pemasakan. Isi dari Pepes umumnya ikan, daun kemangi, bumbu rempah, serta daun singkong. Masakan ini menciri khas kan masakan Sunda.

Pepes yang terbuat berbahan basic ikan ini diberi nama dengan masakan Pepes Ikan. Ikan yang dipakai untuk bikin Pepes Ikan terdapat banyak type yang bisa memakai seperti halnya Ikan patin, Ikan kembung, Ikan mas, Ikan nila, serta type Ikan yang lain, diprioritaskan yang mempunyai struktur daging Ikan yang condong kering sesudah dimasak, tak lembek seperti halnya gurameh, jadi jauhi Ikan yang berterkstur lembek sesudah dimatang.

Di warung-warung makan Sunda atau Sundaan yang ada di sekitaran kita pasti menu Pepes Ikan jadi satu faforit lantaran banyak yang menyukai Masakan khas Sunda ini. Selan enak juga sehat, lantaran tak terserang minyak dalam sistem pemasakan hingga tak ada lemak jemu yang bisa membahayakan badan kita.

Langkah Bikin Pepes Ikan tidaklah susah, seandainya pintar pilih Ikan yang bakal dipakai serta tahu resep rahasianya bagaimana caranya memproses Pepes Ikan supaya tak amis atau anyir. Kami miliki pemecahannya untuk beberapa wanita lajang serta beberapa bunda di rumah. Resep istimewa Langkah Bikin Pepes Ikan yang disukai beberapa orang di sekitar anda.

Untuk anda yang suka pedas bisa bikin Pepes Ikan yang pedas serta gurih, tetapi jika anda tak sukai pedas bisa pula bikin Pepes Ikan yang merasa ada cabainya tetapi tak pedas jadi rasa gurihnya lebih menguasai. Pepes Ikan begitu pas untuk keluarga dirumah termasuk juga si kecil, lantaran kandungan gizi berbentuk protein dari Ikan begitu berguna untuk perkembangan.

Posting Komentar untuk "Resep Sederhana Pepes Ikan dengan Daun Kemangi "