Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sayur Lodeh Enak dan Nikmat dengan Bumbu Sederhana

Resep Sayur Lodeh Enak - Resep sayur lodeh memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia pada umumnya. Karena lodeh ini sebagai makanan yang sudah sangat mengena di hati para atau orang-orang Indonesia. Sebenarnya sayur lodeh ini merupakan masakan sejenis sayur tradisional yang khas dari Indonesia, terlebih jika berada di daerah jawa.

Biasanya yang digunakan untuk membuat sayur lodeh ini yaitu kacang panjang, labu siam, melinjo, terong dan kemudian di berikan bumbu santan kelapa. Sebenarnya sayur ini memiliki berbagai ragam jenis variasi terlebih dengan bumbunya, ada santan yang berwarna merah ada yang putih. Dsb.

Walau sayur ini termasuk cukuplah simpel namun rasa-rasanya demikian menggugah selera. Sayur ini umumnya terbagi dalam komposisi sayuran yang begitu beragam macam. Di mana umumnya setiap ibu rumah-tangga senantiasa memakai sayur yang tidak sama serta sesuai sama selera masing-masing. Serta memanglah sebenarnya sayur ini mempunyai macam yang demikian beraneka ragam sesuai daerah masing-masing. Tetapi walau demikian sebagai persamaannya yakni di mana sayur ini senantiasa memakai satu diantara komponen yang sama yakni memakai santan.

Gurih serta enak dari sayur ini bakal bikin kebanyakan orang yang memandangnya menggoyangkan lidah. Oleh karenanya, untuk anda semuanya yang telah terasa jemu dengan sayur yang itu-itu saja saat dihidangkan di meja makan, jadi untuk saat ini tak ada kelirunya bila anda coba menghidangkan sayur yang satu ini. Terkecuali enak sayur ini bakal memberi nafsu makan keluarga terkasih dirumah. Bahkan juga bukan sekedar itu, sayur ini dapat mempunyai demikian banyak faedah kesehatan lantaran pada intinya sayur ini terbagi dalam sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan badan.

Untuk mandapatkan sayur yang satu ini anda tak perlu bingung lagi, lantaran saat ini sangat banyak pedagang yang menjual sayur ini didalam menu dagangannya. Tetapi, dibanding mesti membelinya alangkah sebaiknya anda bikin sendiri dirumah. Lantaran memanglah bahan basic serta langkah membuatnya juga sangat simpel sekali. Bahkan juga mungkin saja nyaris semuanya ibu-ibu rumah tangga tahu resep sayur yang nikmat ini. Nah, buat anda yang masihlah bingung dalam bikin sayur yang satu ini untuk saat ini janganlah terasa cemas lagi. Lantaran kami disini akan memberikan sajian pada anda mengenai resep serta cara membuat sayur lodeh yang enak serta gurih.



Resep Membuat Sayur Lodeh


Nah sobat kali ini saya akan berbagi kepada Anda mengenai resep sayur lodeh tersebut, berikut bisa Anda simak di bawah ini:

Bahan-Bahan utama:
  • Labu siam 200 gr, Anda kupas dan potong-potong berbentuk dadu.
  • Kacang panjang 100 gr
  • Daun melinjo muda 100 gr
  • Santan 600 ml
  • Bahan Bumbu yang harus di persiapkan:
  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 3 butir
  • Kemiri 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok makan
Bumbu tambahan olahan sayur lodeh :
  • Cabai hijau sebanyak 3 buah, di iris-iris serong.
  • Cabai merah 1 buah, iris serong
  • Lengkuas 1 cm.
  • Daun salah sebanyak 2 lembar
  • Udang keringat 1 sendok makan yang di rendam dengan air panas dulu
  • Tomat sebanyak 1 buah potong hingga menjadi 4 bagian.
Nah setelah semuanya sudah di sediakan maka selanjutnya yaitu cara masaknya, berikut di abwah ini:
  1. Pertama coba untuk Anda Rebus santan dan juga dengan bumbu halus yang ada didalam panci lalu kemudian diaduk-aduk dan masak sampai dengan mendidih.
  2. Selanjutnya Anda masukkan daun salam, udang kering, lengkuas, melinjo, labu siam, serta dengan kacang panjang kemudian masak sampai dengan sayuran empuk.
  3. Kemudian yang terakhir Anda Masukkan cabai merah, terong, cabai hijau, daun melinjo, lalu Anda masak kembali sampai dengan terong dan daun melinjo tersebut matang sempurna dan juga bumbunya bisa meresap.
  4. Lodeh bisa di hidangkan.
Nah itulah Resep sayur lodeh yang tentunya sangat mudah Anda terapkan. Semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkannya. Simakjuga Aneka Resep Masakan lainnya ya bunda. terimakasih.

Posting Komentar untuk "Resep Sayur Lodeh Enak dan Nikmat dengan Bumbu Sederhana"