Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Nasi Kuning Gurih dan Nikmat

Resep Nasi Kuning  - Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan nasi kuning. Ini merupakan salah satu makanan yang juga banyak di gemari oleh orang-orang Indonesia karena memang memiliki rasa yang gurih dan sangat lezat. Maka dari itu kali ini saya akan berbagi kepada Anda megenai Resep Nasi Kuning dan cara untuk pembuatannya. Tentunya kali ini resep yang saya bagikan sangatlah istimewa.

Nasi kuning adalah resep masakan dengan bahan paling utama beras serta kunyit. Cukup banyak remaja putri serta bahkan juga beberapa bunda bunda muda yang belum memahami mengenai resep serta langkah bikin nasi kuning yang enak dan gurih. Spesial di daerah jawa resep nasi kuning ini dapat umum dikatakan sebagai ” sego punar ” dengan penambahan sebagian bahan masakan lain, seperti orek tempe, irisan telur, irisan mentimun, kedelai hitam goreng, abon sapi, serta yang lain. Nasi kuning kerap ada pada acara acara tradisional.

Nasi kuning adalah resep masakan tradisional yang diangkat jadi resep masakan indonesia. Cita rasa nasi kuning yang enak serta gurih lantaran berbahan memakai santan kelapa serta kunyit untuk warna kuningnya. Walau langkah bikin nasi kuning ini gampang tetapi masihlah banyak pula yang tidak berhasil lantaran nasinya tak masak prima (seperti nasi mentah). Walau gampang membuatnya tetapi membutuhkan trik trik spesial agar nasi kuning anda gurih enak serta gurih.

Bumbu nasi kuning cuma memakai bahan bahan alami simpel hingga adalah resep tradisional indonesia yang bukanlah saja enak namun juga sehat lantaran semuanya bahan berbahan alami. Bahan bumbu untuk bikin nasi kuning terkecuali murah juga gampang membelinya, yaitu santan kelapa, kunyit, sereh, serta daun salam dan sebagian bahan penambahan untuk memperindah penampilan seperti irisan cabe merah, bawang goreng serta yang lain. Dapat dengan juga penambahan irisan telur rebus. Pokoknya bahan hiasan nasi kuning dapat bunda kreasi sendirilah. Yang paling utama pasti langkah bikin nasi kuning yang enak serta gurih.

Resep Nasi Kuning

Resep Membuat Nasi Kuning



Nah berikut ini mengenai Resep Nasi Kuning:

Bahan :
  • Beras 1 liter yang memiliki kualitas baik, untuk menghasilkan yang maksimal
  • Kunyit dengan panjang 3 cm, jangan lupa kupas dan parut
  • Santan ¾ liter
  • Daun salam sebanyak 3 lembar
  • Serai 1 batang, memarkan
  • Garam dapur 1 sendok
  • Bawang merah 4 butir, haluskan
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Kemiri 1 butir, haluskan
Setelah kita menyiapkan bahan utama kemudian yang perlu di persiapkan lag yaitu bahan pelengkapnya :
  • Tempe orek
  • telur dadar yang di iris tipis-tipis
  • Ayam goreng
  • Tumis kentang
  • Sambal
Setelah semua bahannya sudah terkumpul selanjutnya yaitu Cara untuk memasaknya, bisa Anda lakukan seperti di bawah ini:
  1. Pertama cucilah beras dengan menggunakan air sampai bersih hal ini bisa Anda lihat air cucian jika beras sudah bersih terlihat bening, lalu tiriskan.
  2. Campurkan parutan kunyit sebanyak 3 sendok makan kemudian aduk rata dan peras airnya jangan lupa untuk menyisihkan sejenak.
  3. Selanjutnya Anda kukus beras yang sudah dicuci bersih sampai setengah matang
  4. Lalu kemudian angkat dan masukkan kebaskom dan jangan lupa untuk tuang santan, air kunyit, bumbu yang Anda haluskan, daun salam serta batang serai kedalam baskom yang berisi beras setengah matang tersebut.
  5. Kemudian aduk beras menggunakan spatula sampai bumbunya tercampur rata dan santannya pun juga meresap dengan beras
  6. Jangan lupa untuk tambahkan garam lalu aduk lagi sampai merata
  7. Setelah itu kemudian kukus kembali beras yang sudah dibumbui sampai matang tersebut dan empuk yang kira-kira selama 20 menit
  8. Setelah semuanya selesai maka angkat dan sajikan nasi kuning tersebut dengan semua bahan pelengkapnya.
Nah sobat itulah Resep Nasi Kuning yang tentunya sangat mudah untuk Anda terapkan, semoga bermanfaat untuk Anda semuanya. Simak juga Resep Masakan lainnya yang sudah kami paparkan diblog ini. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Resep Nasi Kuning Gurih dan Nikmat"