Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Mie Goreng Bikin Ketagihan

Resep mie goreng - Mie goreng, ini merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi untuk kita Karena makanan ini biasanya merupakan makanan instant cepat saji pada saat kita waktu terdesak. Namun bukan hanya menjadi makanan waktu terdesak saja karena mie goreng ini juga menjadi makanan favorit.
Hal ini dikarenakan olahannya yang sangat menarik dan terasa sangat lezat di mulut sehingga yang merasakan akan sangat ketagihan. Namun anda tahukah dari mana mie berasal. Silahkan simak ulasannya mengenai asal usul mie goreng berikut ini.

Mie adalah satu diantara type makanan yang paling popular di Asia terutama di Asia Timur serta Asia Tenggara. Menurut catatan histori, mie pertama kalinya di buat di daratan Cina sekitaran 2000 tahun masa lampaupada saat pemerintahan dinasti Han. Mie itu diketemukan pertama kalinya di Tiongkok, tepatnya era Dinasti Han Timur pada 220 SM. Histori mie dibuktikan dengan diketemukannya beberapa bekas mi tertua didunia yang tertimbun di pinggir Sungai Kuning di website arkeolog Lajia. Untaian mi sepanjang kira-kira 50 cm itu diperkirakan sudah berumur sekitar 4. 000 tahun.

Mie adalah satu diantara bagian dari tradisi masakan serta makanan dinasti di Cina. Satu diantara tradisi memasak ini yaitu proses pembuatan adonan yang disebut dengan 合并 (He Bing) atau ’penggabungan tepung serta air’. Menurut Edward Schaffer, Bing biasanya terbuat darin gandum tetapi ada pula yang terbuat dari beras. Saat sebelum dihidangkan biasanya di rebus, dipanggang, digoreng atau dikukus. Yang termasuk juga dalam klasifikasi Bing yaitu roti, kue, roti isi, bubur, pangsit, serta sudah pasti mie.

Bahkan juga pada saat Dinasti Han (206SM – 226M), mie rebus memperoleh tempat terhormat di istana dipakai sebagai menu paling utama yang sealu ada dalam beragam upacara kenegaraan, di kenal dengan nama 湯餅 tang bing (sup mi). Mie type ini umumnya juga dihidangkan pada acara mendekati musim panas atau 伏日fu ri. Bahkan juga pada masa Dinasti Han spesial ada petinggi yang mengurusi pembuatan mie, dimaksud 湯官 tang guan.

Pada masa itu, nampak dua tehnik pembuatan mi, yakni 餑飥 botuo (adonan tepung digabung daging, diciptakan panjang sebesar ukuran ibujari) serta 水引shuiyin (tehnik mi ditarik, diciptakan panjang serta tidak tebal).

Pada saat Dinasti Tang (618 – 907 M), di kenal type mie yang dimaksud mie panjang usia 長壽麵 chang shoumian, adalah lambang panjang usia. Mie pada saat ini dapat dimaksud sup mie lagi th. 生日湯餅 shengri tangbing. Mi dihidangkan ketika perayaan ulang tahun dengan harapan kalau orang yang merayakan ulang tahun bakal panjang umur. Mie selalu berkembang sesuai dengan bahan serta tehnik pembuatan. Mie juga bukan sekedar jadi makanan kelompok bangsawan Cina, namun juga menebar luas di kelompok rakyat biasa.

Pada saat Dinasti Song (960–1279) mie kuah jadi makanan kegemaran warga. Maka muncullah kedai-kedai, rumah makan yang menghidangkan sup mie sebagai menu utamanya.
 
Dari Cina, mie berkembang serta menebar ke Jepang, Korea, Taiwan serta Negara- Negara di Asia Tenggara bahkan juga meluas hingga ke benua Eropa. Menurut buku-buku histori, di benua Eropa mie mulai di kenal sesudah Marco Polo berkunjung ke Cina serta membawa oleh-oleh mie.

Mie juga berkembang di pelbagai lokasi dunia. Pelbagai type mie bisa disejajarkan dengan bermacam bermacam masakan memiliki bahan dasar mie, umpamanya 粿条 gǔotiáo kwai tiu semacam fettuccine (Itali), 沙河粉 河粉 Shāhé fěn atau héfěn semacam spaghetti tidak tebal, 米線 atau 米线 mǐxiàn semacam spaghetti, 麵線 atau 宮麵 miànxiàn atau gōngmiàn di kenal sebagai misoa.

Di Indonesia, makanan cina yang banyak didapati yaitu mie, pangsit, tim sum serta bakso. Pemakaian mie sebahagi bahan makanan di Pulau Jawa telah ada mulai sejak zaman Majapahit (1239 – 1527), lantaran arti laksa (makanan semacam bihun) nampak dalam satu piagam dengan angka th. 1391. Macam masakan mi di Indonesia juga mengalamai modifikasi. Beberapa jenis masakan mi yang kerap dikonsumsi umpamanya laksa, kwetiao, mi goreng, me rebus, ifu mi, bihun, soun.

Resep Mie Goreng Spesial


Resep Membuat Mie Goreng Spesial Enak Banged


Nah udah pada tau kan asal usul mie yang menjadi makanan faforit kita ini? Selanjutnya kali ini saya akan berbagi mengenai Resep mie goreng tersebut yang bisa Anda simak di bawah ini:

Bahan-Bahan:
  • Sediakan mie basah atau mie kuning 250 gram
  • Telur ayam 1 butir
  • Sawi hijau sediakan ½ ikat
  • kol iris sesuai selera ¼ saja
  • Ayam di potong dadu yang sesuai dengan selera
  • Daun bawang 1 batang iris-iris tipis
  • Daun sledri 1 batang iris tipis-tipis
  • Saus tiram 1 sendok makan
  • Kecap manis
  • Minyak digunakan untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan:
  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Garam 1 sdm
  • Merica
  • Pelengkap
  • Kerupuk
  • Irisan timun atau bisa juga tomat

Cara Membuat Mie Goreng Spesial

  1. Pertama Anda panaskan minyak, kemudian Anda orak-arik sampai telur tersebut matang selanjutnya angkat dan sisihkan.
  2. Selanjutnya Anda tumis bumbu yang sudah Anda haluskan tersebut sampai harum dan berubah dari segi warnanya, kemudian masukkan ayam yang sudah Anda potong dadu tadi kemudian aduk-aduk sampai rata.
  3. Setelah itu Anda masukkan irisan kol dan sawi, kemudian jika semua sudah Anda masukkan maka berikutnya aduk-aduk lagi sampai sayur setengah matang, kemudian masukkan mie basah yang berikutnya tambahkan kecap manis secukupnya, aduk-aduk hingga tercampur dengan rata.
  4. Langkah yang terakhir kemudian Anda tambahkan saus tiram, kemudian aduk-aduk lagi, lalu  tambahkan orak-arik telur tadi, serta irisan daun bawang, irisan daun seledri, baru kemudian aduk-aduk kembali sampai rata dan tercampur dengan sempurna. Kemudian angkat dan taruhlah diatas piring.
Nah sangat mudahkan untuk membuat mie goreng yang menarik bisa Anda buat sendiri di rumah tentunya dengan Resep mie goreng yang saya bagikan tadi. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda semuanya. Simak juga Resep Olahan Mie untuk sajian Resep Masakan anda berikutnya. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Resep Mie Goreng Bikin Ketagihan"